Sigitdp's Blog

Oktober 8, 2009

Real Madrid tak berdaya tanpa CR9?

Filed under: Bola — Tag: — sigitdp @ 12:16 pm

Real Madrid telah mengalami kekalahan pertamanya di musim ini. Setelah beberapa laga, bersama Barcelona menjadi tim yang terus mencetak kemenangan, akhirnya pada pertandingan 5 Oktober lalu mereka harus mengakui keunggulan dari tuan rumah Sevilla.
ronaldo-310809-ap150

Padahal setelah merekrut beberapa pemain termahal di dunia di musim ini, target dan keyakinan mereka cukup tinggi, menjadi tim yang tidak bisa dihentikan. Tetapi ketika musim liga belum mencapai angka 10, keyakinan mereka itu harus terpatahkan juga. Parahnya lagi dalam laga lawan Sevilla ini, Real Madrid seperti tenggelam dalam dominasi tuan rumah. Banyaknya peluang yang diperoleh Sevilla membuktikan dominasi ini.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam kekalahan ini adalah absennya Cristiano Ronaldo karena cedera. Melihat kurang gregetnya permainan Los Galacticos saat itu, banyak menimbulkan pertanyaan apakah kekalahan itu disebabkan oleh ketidakhadiran seorang Ronaldo? Karena sampai saat ini Ronaldo telah menjadi top scorer bagi Real Madrid yang berperan cukup penting dalam membantu Madrid mendapatkan kemenangan di pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Absennya Ronaldo pada laga kemarin seakan-akan kembali memperlihatkan masalah yang dihadapi oleh Real Madrid pada musim lalu. Menghadapi permainan ketat dari tim asuhan Manolo Jimenez, Los Merengues terlihat sekali kehilangan peran seorang pemain yang bisa begitu menjadi pusat perhatian dari semua pemain belakang lawan dan dengan begitu bisa memuluskan kesempatan bagi rekannya yang lain untuk melakukan serangan.

Memang masih ada seorang Kaka. Semua orang juga tidak meragukan lagi kemampuannya dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan. Tetapi dengan hanya ada Kaka, maka semua pemain lawan akan berkonsentrasi menjaganya. Bandingkan kalau ada Ronaldo, maka perhatian pertahanan akan terpecah. Kaka terlihat sudah melakukan segalanya yang terbaik, beberapa kali dia berhasil melewati penjagaan lawan. Tetapi begitu dia berhasil melewati penjagaan yang pertama, sangat sulit baginya untuk melewati penjagaan yang kedua. Kaka sampai dibuat begitu frustasi yang membuat dirinya gagal menampilkan sentuhan magisnya yang begitu diharapkan banyak orang..

Di aspek lainnya, kemampuan dan reputasi seorang Ronaldo mampu membuat seluruh pemain lawannya dipaksa harus kembali ke daerah pertahanannya. Karena itu jika Ronaldo ada saat lawan Sevilla, maka kemungkinan besar Jesus Navas juga harus tetap ada di belakang untuk membantu pertahanan. Dengan begitu, dia pasti tidak akan punya banyak kesempatan untuk membombardir pertahanan Madrid.

Ronaldo juga begitu piawai mendukung counter attack. Pemain Portugal ini seringkali mendapatkan umpan hasil serangan balik dari jarak 30 meter dan dia mampu memanfaatkannya dengan baik. Tanpa pemain termahal di dunia ini, serangan balik Real seringkali gagal.

Tiga aspek itu sudah sangat cukup untuk menunjukkan begitu pentingnya peran seorang Ronaldo bagi Madrid.

Memang bukan melulu kekalahan itu disebabkan oleh tidak adanya Ronaldo, tim Andalusia saat itu memang tampil luar biasa. Mereka terlihat sebagai satu-satunya tim yang bisa menyaingi dominasi Real Madrid dan Barcelona. Di pertandingan kemarin, Sevilla bermain sangat baik di semua lini. Lini pertahanannya nampak begitu rapat, barisan tengahnya begitu mengalir dan pemain penyerangnya juga begitu berbahaya. Jesus Navas dan Diego Perotti benar-benar membuat kilapan pemain mahal Madrid menjadi pudar.

Kalau mungkin menghadapi tim lain, siapapun yang menggantikan Ronaldo di pertandingan kemarin masih sangat cukup mampu mempersembahkan kemenangan. Tetapi ini Sevilla, yang tidak sama dengan lawan lainnya.

Tetapi dugaan adanya faktor sangat bergantung pada Ronaldo ini dibantah ramai-ramai oleh para punggawa Real Madrid. Sebelum pertandingan, pelatih Madrid Manuel Pellegrini mengatakan dengan jelas kalau mereka tidak akan kalah tanpa Ronaldo.

Striker Gonzalo Higuain mengatakan: “Cristiano adalah pemain yang sangat penting bagi kami, tetapi tidak berarti kami akan kalah kalau dia tidak bermain. Ini sebabnya kami punya begitu banyak pemain berkualitas. Masalahnya di sini, karena kami menghadapi lawan yang hebat.”

Bek tengah Raul Albiol juga berpendapat, “Absennya seorang pemain tidak menjadi suatu alasan. Ronaldo adalah pemain terbaik di dunia dan dapat menentukan hasil pertandingan dalam sekejab, tetapi kami punya banyak pemain bagus yang bisa menggantikannya.”

Kaka lebih menyoroti pertahanan mereka yang buruk terhadap serangan melalui set-piece yang dilakukan oleh Sevilla. 2 gol tandukan Jesus Navas dan Renato, semuanya bermula dari tendangan bebas yang tidak mampu diantisipasi pertahanan Madrid.

Manuel Pellegrini pun berpendapat sama, dengan mengatakan Sevilla bermain sangat baik dan Real membuat beberapa kesalahan yang mengakibatkan 2 gol itu tercipta. Sedangkan Raul lebih memilih alasan begitu terisolasinya mereka yang menyebabkan kegagalan mereka.

Tetapi ada satu pemain yang berpendapat lain. Bek Sergio Ramos terang-terangan mengatakan kalau hasil pertandingan itu sangat mungkin berbeda kalau Ronaldo tidak absen saat itu.

Jadi mana yang betul? Apakah memang benar Real Madrid sangat tergantung pada seorang Ronaldo dan begitu sulit menang tanpanya? Namun yang pasti, secara logika memang dipastikan ada pengaruhnya. Ronaldo dibeli begitu mahal tentunya untuk memberikan pengaruh besar pada permainan Real Madrid. Dan sejauh ini fakta memang menunjukkan begitu. Permainan gemilang Ronaldo cukup banyak berperan mengantarkan kemenangan bagi Real. Jika dia absen, tentunya perannya tidak mudah digantikan oleh pemain lainnya.

Kalau perannya begitu mudah diisi oleh pemain lain dan Real Madrid bahkan terus menang 10-0 ketika Ronaldo lama absen, maka juga berarti mantan bintang Manchester United ini tidak punya peran penting lagi di klub. Dan sudah pasti, tidak perlu menunggu waktu lama, Ronaldo akan dijual. Karena untuk apa membayar gaji yang begitu tinggi, kalau perannya bisa sempurna dijalankan oleh pemain lain yang gajinya lebih rendah.

Memang masih terlalu dini menjatuhkan vonis berdasarkan satu pertandingan saja tanpa Ronaldo. Masih harus dilihat lagi di pertandingan-pertandingan lain di mana sang playmaker itu absen. Tapi dari pertandingan kemarin lawan Sevilla, sedikit banyak Anda sudah bisa mengira-ngira seperti apa permainan Madrid tanpa sang superstar.

Iklan

1 Komentar »

  1. Bagus lagi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh sigitdp — Oktober 13, 2009 @ 5:42 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: